Asal Usul dan Sejarah Perkembangan Piano

Kisah piano dimulai di Padua, Italia pada 1709, di toko pembuat harpsichord bernama Bartolomeo di Francesco Cristofori (1655-1731). Banyak instrumen senar dan keyboard lainnya mendahului piano dan mengarah pada pengembangan instrumen seperti yang kita kenal sekarang.

Pengetahuan umat manusia bahwa string yang bergetar dan kencang dapat menghasilkan suara kembali ke zaman prasejarah. Di dunia kuno, string dipasangkan dan direntangkan di atas busur, labu, dan kotak untuk memperkuat suara; mereka diikat dengan ikatan, pasak dan pin; dan mereka dipetik, dibungkuk atau dipukul untuk menghasilkan suara.

Akhirnya, keluarga alat musik gesek dengan keyboard berevolusi di Eropa pada abad ke-14. Yang paling awal adalah dulcimer, kotak tertutup, dangkal di mana kabel membentang dipukul dengan dua palu kayu. Dulcimer mengarah pada pengembangan clavichord, yang juga muncul pada abad ke-14. Ini diikuti oleh spinet, virginal, clavecin, gravicembalo, dan akhirnya, harpsichord pada abad ke-15.

Namun, harpsichord terbatas pada satu, volume yang tidak berubah. Kelembutan dan kenyaringannya tidak bisa bervariasi saat bermain. Oleh karena itu, seniman pertunjukan tidak dapat menyampaikan tingkat ekspresi musik yang sama seperti kebanyakan instrumen lainnya. Keinginan artistik untuk ekspresi yang lebih terkontrol mengarah langsung pada penemuan piano, di mana seniman dapat mengubah kenyaringan dan nada dengan kekuatan jari seseorang.

Harpsichord adalah perkembangan yang sangat penting yang mengarah pada penemuan piano. Kemampuannya untuk memproyeksikan suara lebih keras dari pendahulunya, dan penyempurnaan dalam aksi (atau sentuhan) mengilhami lebih banyak musisi untuk menulis untuk keyboard dan dengan demikian, untuk melakukan pekerjaan keyboard.

Pertama kali dipamerkan di Florence pada tahun 1709, instrumen baru Cristofori dinamai gravicembalo col piano e forte (kira-kira “instrumen keyboard lembut dan keras”). Akhirnya, itu disingkat menjadi fortepiano atau pianoforte, dan akhirnya hanya piano. Instrumen selamat pertamanya berasal dari 1720 dan dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York City.

Meskipun banyak perbaikan selama 300 tahun terakhir, sungguh menakjubkan untuk mengamati betapa miripnya instrumen Cristofori dengan piano modern saat ini.

Teknologi Baru dalam Piano

Kita mungkin hidup dalam waktu yang paling mengasyikkan dalam sejarah untuk membeli, memiliki atau memainkan alat musik abadi itu, piano. Apakah tujuan Anda adalah membeli sesuatu yang sekecil perangkat lunak yang dapat merekam apa yang Anda mainkan, pemain piano yang baru dirancang, instrumen digital atau model akustik klasik, tidak pernah ada banyak pilihan bagi konsumen.

Piano Player

Juga disebut “piano reproduksi,” kelas instrumen ini mewakili pembaruan modern pada piano pemain kertas-gulungan yang Anda ingat dari film-film lama, dan mereka telah tumbuh sangat populer selama dekade terakhir.

Ini bukan instrumen digital – mereka piano akustik yang nyata dengan palu dan dawai yang dapat dimainkan secara normal – tetapi mereka juga dapat “bermain sendiri” menggunakan teknologi elektronik canggih. Alih-alih kertas menekan, mereka mengambil isyarat dari floppy disk, CD diformat khusus atau sistem memori internal. Beberapa pabrikan menawarkan koleksi besar judul yang sudah direkam untuk sistem mereka — musik dalam setiap genre mulai dari pop hingga klasik — direkam oleh beberapa pianis top dunia. Sistem canggih ini menangkap setiap nuansa pertunjukan asli dan memutarnya dengan akurasi yang mengejutkan — memberikan sesuatu yang sebenarnya jauh lebih baik daripada CD fidelity, karena pertunjukannya live .

Berkat sistem baru ini, banyak orang yang tidak memainkan piano menikmati musik piano live setiap saat, baik siang maupun malam. Baik mereka menemani makan malam untuk dua orang atau menghibur segerombolan orang yang sedang berpesta, piano-piano berteknologi tinggi ini menjadi perhatian utama. Bagi orang-orang yang bermain piano, sistem ini dapat digunakan untuk merekam pertunjukan piano mereka sendiri, berinteraksi dengan komputer, membantu dalam pendidikan musik, membantu menyusun dan banyak aplikasi lainnya. Singkatnya, keajaiban modern ini bukan piano pemain kakekmu!

Piano Digital

Bagi yang belum tahu, piano digital mungkin tampak terkait dengan papan ketik mainan murah daripada yang dapat dibeli di konter di toko elektronik. Tapi itu seperti membandingkan go-kart dengan sedan tur mewah. Piano-piano digital yang diproduksi oleh banyak perusahaan piano papan atas saat ini menghasilkan suara-suara piano sampel yang canggih yang diambil dari model top mereka sendiri. Terlebih lagi, mereka menawarkan suara instrumen lain – kadang-kadang oleh ratusan – dengan realisme yang mencolok.

Karena piano digital digerakkan oleh perangkat lunak, mereka juga membuka cara baru yang menarik bagi pemula untuk membuat musik. Misalnya, beberapa fitur keyboard menyala di atas tombol untuk membantu Anda memutar lagu favorit, atau program pembelajaran yang menggabungkan musik dengan tampilan di layar.

Piano-piano digital membantu musisi rumahan mendapatkan lebih banyak dari Internet juga, dan mereka dapat dihubungkan tidak hanya dengan komputer, tetapi juga dengan instrumen lain untuk pengaturan dan orkestrasi. Dengan pengaturan penyimpanan memori seperti Flash ROM, pengguna dapat mengunduh dan menyimpan musik baru.

Ada juga sejumlah piano digital yang menawarkan berbagai fungsi unik — seperti memberi Anda banyak suara preset dan kombo yang berbeda, yang dapat memberi Anda efek layering pada permainan Anda. Beberapa instrumen ini juga menyertakan output Karaoke / Video untuk waktu berikutnya Anda ingin sedikit hidup di pesta Anda.

Perangkat lunak

Mungkin tidak ada bidang pertumbuhan yang lebih menarik dalam industri piano dibandingkan dengan teknologi perangkat lunak. Penulis fiksi ilmiah di masa lalu akan terkesan dengan kemajuan saat ini – seperti perangkat lunak yang mengubah file musik menjadi musik sheet … unduh dan unzip file musik dan file Karaoke dari Internet … atau bahkan memungkinkan musisi mencetak seluruh skor musik dan menganalisis harmoni dan nama chord mereka . Perangkat lunak hari ini bahkan akan memungkinkan pengguna berbelanja, membeli dan mencetak lembaran musik melalui Internet, jika Anda tidak dapat menemukan skor di toko.

Kurt Vonnegut, yang menulis “Player Piano” di tahun 50-an, tidak akan percaya perangkat lunak baru yang saat ini ada untuk instrumen ini. Misalnya, sekarang ada perangkat lunak untuk piano yang akan memungkinkannya memuat berjam-jam musik yang sudah direkam, tanpa ada cakram atau CD yang berubah; mulai dari jazz hingga klasik. Jika Anda mencari musik oleh pianis tertentu, Anda akan dapat menemukannya: semua orang dari Floyd Cramer hingga Peter Nero terwakili, dan dapat membuat senandung piano Anda (atau kumpul-kumpul) bersenandung.

Tetapi perangkat lunak tidak hanya untuk pemain piano. Untuk komposer pemula, ada juga banyak teknologi baru. Misalnya, piano ensembel pertama yang menampilkan teknologi CD-R kini tersedia. Piano ini memiliki kemampuan CD-R – artinya Anda dapat meletakkan disk di piano ini, merekam CD lagu yang telah Anda tulis atau mainkan, dan, segera putar disc tersebut kembali di kotak boom atau PC Anda. Dan bukan hanya suara keyboard; vokal juga dapat ‘dibakar’, memungkinkan setiap penulis lagu pemula untuk menghasilkan ‘demo’ berkualitas studio 16 track.

Synthesizer masih sangat populer di kalangan musisi jazz dan rock. Di antara yang terbaru adalah synth yang menawarkan beberapa teknologi osilator dan memiliki kontrol waktu nyata atas pitch, waktu dan format. Ada juga synthesizer yang memberikan pemain kemampuan untuk mengontrol audio dengan fleksibilitas yang sama dengan file musik apa pun, semua karena teknologi baru. Perangkat lunak baru ini dapat mengambil semua jenis fungsi musik dan rekaman baru.

Piano Tradisional

Dan bagaimana dengan piano konser tradisional? Apakah mereka tersesat dalam perombakan teknologi? Jauh dari itu. Dengan banyaknya artis dari Bruce Hornsby hingga Michael Feinstein yang menggunakannya, piano akustik masih sangat diminati.

Sementara desain dasar piano akustik sangat mirip dengan model pertama dari sekitar tahun 1700, pabrikan memasukkan inovasi dengan cepat. Beberapa pembaruan mengacu pada ilmu material, untuk menemukan kayu khusus atau bahan yang baru tersedia yang membuat piano lebih tahan lama dan stabil secara nada. Beberapa menggunakan teknik untuk memperkuat piano dan mempertahankan suaranya dalam dan kaya selama bertahun-tahun. Dan 300 tahun pengalaman dengan mekanisme aksi piano telah menghasilkan keyboard yang terasa hebat dan tetap selaras lebih baik.

Konser megah digunakan oleh banyak konduktor, komposer dan penulis lagu — dan lebih banyak tersedia dan terjangkau daripada sebelumnya. Dan meskipun konser grand adalah pilihan pemain, ada banyak bayi berkualitas tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemilik rumah dan pemain dari semua tingkatan.

Apakah Anda mencari instrumen yang kompak atau yang lebih besar yang terkenal dengan register dan kekuatan yang lebih rendah – apakah Anda menginginkan piano yang dapat mengimbangi orkestra paling keras, yang menciptakan kembali gaya klasik dari masa lalu, atau instrumen yang dibuat dari jenis kayu tertentu – Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan piano tradisional yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sangat jelas pada tahun 2004, bahwa apakah Anda ingin bermain, merekam, mencampur, memiliki pemain piano menghibur Anda, atau duduk dan berlatih Brahms atau Bach, mungkin belum pernah ada periode di mana piano telah tersedia di begitu banyak bentuk yang berbeda dan berguna. Apa pun kebutuhan musik Anda, ada piano (dan mungkin perangkat lunak) di luar sana menunggu Anda.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*